Sejarah Google Play Store atau Android Market Terbaru

Sejarah Google Play Store atau Android Market Terbaru Google Play Store atau yang dulunya bernama Android Market adalah aplikasi yang pasti ada di setiap perangkat Andorid.

Iya dong? Buat apa punya Andorid kalo ga bisa buka Play Store? Tapi apa lo semua udah tau gimana sih sejarah awalnya play store dibangun? Yuk… kita simak sejarah singkatnya berikut ini:

Sejarah Google Play Store atau Android Market

Sejarah Google Play Store atau Android Market Terbaru

Image source: google.co.id

Dikutip dari Wikipedia.org, Google Play di rilis pertama kali pada tanggal 22 Oktober 2008. Pada saat itu masih bernama Android Market dimana Android masih merupakan Sistem Operasi yang terbilang baru.

Pada tahun 2009, Android Market bergerak maju dengan menambahkan dukungan aplikasi berbayar di Inggris dan Amerika Serikat.

Menuai sukses, tahun selanjutnya dukungan aplikasi berbayar tersebut diperluas ke pasar Internasional. Pada tahun 2010 jugalah Google meluncurkan Google ebookstore.

Merambah kedunia Musik, google juga tidak ingin ketinggalan. Hal ini ditandai dengan diluncurkannya Google Musik pada tahun 2011.

Semakin sukes? Tentu aja! Google gituloh… πŸ˜€

Tahun Lahir dan Sejarah Google Play Store

Akhirnya pada tahun 2012 Google memutuskan untuk menggabungkan kesemua layanannya ke Google Play Store. Pada tahun 2012 inilah akhirnya dinobatkan sebagai tahun peluncuran Google Play Store.

Pada Maret 2012, tidak kurang dari 450.000 aplikasi dan game Android sudah ready untuk di download.

Tapi karena tahun 2012 harga Andorid masih mahal (menurut gue), jadi deh gue cuma bisa ngayal. πŸ˜€ haha paling mentok cuma download aplikasi di Appstore-nya si Berry hitam, yang dulu si udah keren banget (menurut gue). Hahaa

Oke, next kita lanjut lagi…

Pada bulan Mei tahun 2014 Google Play Store memberikan tambahan informasi kepada pengguna pada setiap aplikasinya. Meliputi; ukuran aplikasi, info singkat, penilaian, dan lainnya. Tetap bekerja dan melakukan perbaikan sana sini, akhirnya MELEDAK!!! Terhitung aplikasi yang terdata mencapai 1,5 juta.

Bahkan saat artikel ini ditulis (2018), salah satu perusahaan pihak ketiga AppBrain mengklaim bahwa setidaknya sudah ada lebih dari 2,77 juta aplikasi dan masih terus bertambah bahkan saat lo semua baca artikel ini… Gile bener nih si mbah! πŸ˜€

Yaiyalah gimana gak nambah terus… bayangin aja setiap smartphone, tablet, TV, hingga jam tangan yang berbasis Android sudah pasti ada Google Play Store nya. Super sekali!!! Gimana HP lo semua? Ada dong? Ada kan… hehehe

Okedeh itu aja dulu ya seputar informasi mengenai Sejarah Google Play Store atau Android Market yang bisa gue share hari ini. Semoga bermanfaat ya. Bye sob! πŸ˜€

Add Comment