Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas Lampung Terbaru

Pakadi.comHarga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas Lampung Terbaru – Halo semuanya! Gimana kabarnya hari ini? Semoga lo sehat dan berbahagia selalu ya, seperti gue yang selalu bahagia! πŸ˜€

Apalagi akhir-akhir ini gue sering banget wisata kuliner sambil jalan-jalan! Tak heran berat badan gue langsung melonjak… Nggak… gue gak gendut, sumpah! #belum πŸ˜€

Oh ya sesuai dengan judul artikel gue kali ini akan memberikan sedikit informasi untuk lo semua yang mungkin sedang ingin pergi berwisata edukasi mengenai pelestarian gajah Sumatera di Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

Seperti apa cerita perjalanan gue ke Taman Nasional Way Kambas? Apa aja keseruan disana? Yuk langsung aja kita simak bersama-sama. Let’s check it out!

Taman Nasional Way Kambas Lampung

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas Lampung Terbaru

Emang dasarnya suka travelling, sedikit aja ada waktu gue langsung memutuskan untuk segera mencari destinasi wisata yang ada di seputaran Lampung.

Karena sudah cukup bosan pergi ke berbagai pantai indah yang ada di Lampung, gue memutuskan untuk membuka smartphone gue untuk sekedar googling mencari tempat wisata kece yang ada di Lampung, tapi bukan pantai.

Setelah googling cukup lama, ada beberapa tempat yang rekomended untuk di kunjungi, pilihannya mengerucut pada 2 tempat yaitu; Bendungan Batu Tegi dan Taman Nasional Way Kambas.

Fix! Karena gue udah pernah pergi ke Bendungan Batu Tegi bulan lalu, jadi gue putuskan untuk pergi ke Taman Nasional Way Kambas!

Gue sendiri adalah seseorang yang kebeneran dilahirkan di Lampung namun belum pernah sekalipun pergi ke Way Kambas.

Lo ngaku orang Lampung? Tinggal di Lampung? Juga belum pernah pergi kesana? Hahaha Berarti kita  sama! Hahaa Parah! πŸ˜€

Eeeiittss tapi itu dulu ya… soalnya ketika gue ngetik ini, gue baru aja balik berkunjung dari sana. Hahaha πŸ˜€ Jadi, kalo lo yang lagi baca ini belum pernah kesana, gue saranin langsung packing deh… otw Way Kambas!

Gimana udah ada niat kesana? Hahaha oke-oke gue tau banget kok, mungkin beberapa pertanyaan ini yang muncul di kepala lo:

  • Dimana alamat Taman Nasional Way Kambas?
  • Berapa harga tiket masuknya?
  • Apa aja yang bisa kita liat disana?
  • Apa bisa kita liat gajah disana?
  • Ambil foto bareng gajah bisa gak?
  • Berapa jarak Taman Nasional Way Kambas dari pusat Kota Bandar Lampung?

Tenang-tenang, semua pertanyaan-pertanyaan itu akan gue bantu jawab satu persatu. Let’s get started!

Sejarah Taman Nasional Way Kambas

Di provinsi Lampung terdapat 2 kawasan konservasi yang berbentuk taman nasional yaitu : TNBBS (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan) dan TNWK (Taman Nasional Way Kambas).

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 670/KPTS-II/1999 pada tanggal 26 Agustus tahun 1999, kawasan Taman Nasional Way Kambas memiliki luas sekitar 125,631.31 hektar.

Pendirian kawasan pelestarian alam Way Kambas dimulai sejak tahun 1936 oleh Resident Lampung, Mr. Rookmaker. Hal ini bertujuan untuk melindungi kawasan yang kaya akan satwa liar.

Berikut ini adalah beberapa hewan yang dilindungi:

  • Tapir (Tapirus indicus)
  • Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus)
  • Enam jenis primata.
  • Rusa sambar (Cervus unicolor)
  • Kijang (Muntiacus muntjak)
  • Harimau Sumatera (Panthera tigris)
  • Beruang madu
  • Badak Sumatera (ditambahkan setelah ditemukan)

Sayangnya, pada periode tahun 1968 sampai dengan 1974 kawasan Taman Nasioan Way Kambas ini mengalami kerusakan habitat yang cukup berat. Hal ini dikarenakan kawasan ini dibuka untuk Hak Pengusahaan Hutan. Sungguh sangat disayangkan!

Hingga sampai dengan saat ini, hanya beberapa hewan saja yang keberadaannya masih terjaga dengan baik, antara lain: Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Beruang Madu, Badak Sumatera, dan Tapir. Kelima hewan ini sering di kenal dengan ‘The Big Five Mammals’.

Jadi, ketika lo mengunjungi tempat ini, pastikan lo tetap menjaga kelestarian lingkungannya ya. Sehingga hewan-hewan yang berada disana akan tetap lestari dan dapat dinikmati juga oleh anak cucu. Siiyyaappp!!! #AHHA πŸ˜€

Peta dan Alamat Taman Nasional Way Kambas

Pertanyaan mengenai alamat, lokasi dari TNWK mungkin adalah yang paling utama muncul di kepala lo semua.

Emang Taman Nasional Way Kambas ada dimana sih? Jauh gak kalo dari tempat gue? Hahaa ya tergantung dimana lo tinggal lah… πŸ˜€

Nah, kalo secara gaeografis Taman Nasional Way Kambas terletak antara 40°37’ – 50°16’ Lintang Selatan dan antara 105°33’ – 105°54’ Bujur Timur. Gak ngertikan lo…? Hahaha sama gue juga! Yang pasti TNWK Berada di bagian tenggara Pulau Sumatera di wilayah Propinsi Lampung.

Nah, agar lebih jelas lagi, coba lo liat rute dari google maps yang mengarahkan ke Taman Nasional Way Kambas berikut ini:

Note: Peta ini gue ambil dari google maps, start poin di Terminal Raja Basa dan finish di Taman Nasional Way Kambas.

Rute Menuju Taman Nasional Way Kambas

Penjelasan Rute Berdasarkan Pengalaman gue:

Dalam hal ini, gue anggep kita sama-sama menggunakan kendaraan pribadi ya, ntah itu kendaraan roda dua mapun roda empat.

Tapi, gue denger-denger juga ada kok bus (Damri) yang langsung menuju Taman Nasional Way Kambas, tapi gue sendiri kurang merekomendasikan hal ini. Lebih enak make kendaraan pribadi tentunya. Kalo nyasar, ya tinggal balik lagi. Kita juga bisa bebas mampir, mampir di tempat kece lainnya. Ya gak? hehee  πŸ˜€

Oke kita mulai dari Terminal Raja Basa ya. Gue saranin lo yang mau berkunjung kesana, berangkatnya jangan terlalu siang. Pagi-pagi aja, biar nyampe nya gak kesiangan, jadi bisa puas keliling-keliling nya. Gue sendri berangkat sekitar pukul 8 pagi.

Jadi, kalo lu dari terminal raja basa, lo langsung ambil jalan menuju Jln. Lintas Sumatera menuju Bandara Raden Inten. Lho? Bukan… bukan naek pesawat kok, tapi lo tinggal lurus lagi sampe ketemu jembatan Tegineneng.

Setelah jembatan, lo bakal ketemu pertigaan Tegineneng, kalo lurus lo bakal menuju Bandar Jaya, nah… lo ambil yang belok kanan yang ke arah Kota Metro.

Setelah ambil kanan, lo tinggal lurus aja, iya lurus aja! Sampe Metro? Kalo udah sampe, ya tetep lurus aja, sambil terus liat plang tulisan yang mengarahkan kita ke TNWK ya.

Nanti, setelah lo ketemu Pasar Labuhanratu Lampung Timur, nah itu artinya lo udah ga jauh lagi. Lihat kearah kiri, karna ga jauh dari sana ada plang bertuliskan arah ke TNWK, dibawahnya ada patung gajahnya juga, dan lo harusnya belok kiri. Kalo udah masuk ke arah itu, tinggal terus ikutin aja, gak jauh kok, tar lo akan disambut dengan Gapura Taman Nasional Way Kambas.

Tambahan:

Sebenarnya ada 1 jalur lagi yang bisa lo semua lewatin untuk ke TNWK yaitu melalui Plang Pondok Pesantren Gontor 9. Tapi karena gue blum pernah melalui jalur ini, jadi ga gue rekomendasiin.

Jalur yang gue jelasin sebelumnya adalah jalur terbaik yang bisa gue rekomendasiin karena jalannya yang sudah bagus alias aspal mulus (gue ga tau kalo yang lewat Gontor 9). πŸ˜€

Buat lo yang pernah melalui jalur Gontor 9, mungkin lo bisa share pengalamannya di kolom komentar di bawah ya. πŸ˜€

Oh ya kalo traffic nya lancar dan lo ga nyasar… mungkin lo hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam saja untuk sampai di TNWK dari Raja Basa.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Stop! Jangan lanjut aja, karna lo harus bayar tiket masuknya. πŸ˜€ Berapa harganya? Harga tiket masuk Taman Nasional Way Kambas menurut gue pribadi sangatlah terjangkau, gak mahal!

Berikut ini beberapa harga yang mungkin bermanfaat buat lo:

  • Tiket masuk : 7.500/orang
  • Retribusi Tiket Kendaraan : 10.000/mobil
  • Kontribusi Asuransi : 2.000/orang
  • Keliling Naik Gajah (1 putaran lapangan) : 20.000/orang
  • Keliling Naik Gajah (30 menit) : 150.000/paket
  • Gajah Main Bola : 20.000/orang
  • Es tebu : 5.000/gelas
  • Kopi Hitam : 5.000/gelas
  • Pisang (untuk makan gajah) : 10.000/tandan kecil
  • Pisang (untuk makan gajah) : 15.000/tandan besar
  • Tebu (untuk makan gajah) : 5.000/ikat
  • Parkir (dalam) : 5.000/motor
  • Parkir (dalam) : 10.000/mobil

*Maksimal Gajah hanya bisa dinaiki oleh 2 orang pengunjung dan 1 pawang saja.

Jam Operasional Taman Nasional Way Kambas

Kalo lo semua mau dateng ke Taman Nasional Way Kambas, maka pastikan atur waktu dengan baik agar ketika sampai di TNWK lo semua ga kesiangan atau kepagian.

TNWK sendiri mulai buka pada pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore. Jadi, lo bisa datang bersama keluarga, teman, atau sang kekasih lo tecinta (ups sorry yang jomblo πŸ˜€ ) pada jam operasional tersebut. So, manage your time!

Fasilitas di Taman Nasional Way Kambas

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia dan dapan lo nikmatin ketika berada di Taman Nasional Way Kambas:

  • Taman Bermain Anak
  • Spot Foto
  • Mushola
  • Atraksi Gajah
  • Wisata Alam liar Bersama Gajah
  • Kantin
  • Toilet
  • dll.

Galeri Foto di Taman Nasional Way Kambas

Loket-Masuk-Taman-Nasional-Way-Kambas

Loket-Masuk-Taman-Nasional-Way-Kambas

Tugu-Selamat-Datang-di-Pusat-Pelatihan-Gajah-Way-Kambas

Tugu Selamat Datang di Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas

Harga-Tiket-Naik-Gajah-di-Taman-Nasional-Way-Kambas

Harga Tiket Naik Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Tiket-Masuk-Taman-Nasional-Way-Kambas

Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Patung-Gajah-di-Area-Bermain-Taman-Nasional-Way-Kambas

Patung Gajah di Area Bermain Taman Nasional Way Kambas

Pawang-Gajah-Terbaik-di-Taman-Nasional-Way-Kambas

Pawang Gajah Terbaik di Taman Nasional Way Kambas

Wisata-Alam-Bersama-Gajah-di-Taman-Nasional-Way-Kambas

Wisata Alam Bersama Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Gajah-Alam-Liar-di-Taman-Nasional-Way-Kambas

Gajah Alam Liar di Taman Nasional Way Kambas

 All images sources: doc. pribadi and google image.

Penginapan di Taman Nasional Way Kambas

Karena gue tinggal di Lampung, jadi pada saat pergi kesana gue tidak berniat untuk menginap. Tapi, mungkin aja lo yang lagi baca artikel ini adalah orang yang berasal dari luar Lampung, jadi membutuhkan tempat menginap di TNWK, tenang!

Lo dapat dengan mudah menemukan penginapan di sekitar TNWK. Untuk harganya berkisar 200 ribuan. Nego aja sendiri ya. Soalnya gue bukan calo penginapan. hahaa πŸ˜€ Berikut ini adalah beberapa rekomendasi gue:

  • Satwa Sumatra elephant ecolodge
  • Way kambas national park camping ground
  • Way kanan Resort
  • Yestoya club house hotel
  • dll.

Jadi lo ga perlu ragu dan khawatir ya kalo mau berkunjung ke tempat ini. Kalo emang mentok ga dapet penginapan, yaudah numpang di rumah gue aja. Nah, kalo ini gue baru jadi calo penginapan. hahaa πŸ˜€

Nah itu aja dulu yang bisa gue bagikan tentang Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas Lampung Terbaru semoga bisa bermanfaat untuk lo semua yang mungkin sedang mencari info tentang Way Kambas. Terimakasih. Oh ya apabila tulisan gue ini ada kekeliruan, gue dengan senang hati menerima kritik dan saran dari lo semua. Pokoknya Ayo ke Taman Nasinal Way Kambas! dan tetap jaga kelestariannya! Happy travelling all! πŸ˜€

2 Comments

  1. isti September 16, 2019
    • Adian Saputra September 21, 2019

Add Comment