Nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Perannya dalam Pertandingan

Pakadi.com – Sepakbola adalah salah satu olahraga favorit yang paling gue senengin. Bahkan sejak kecil gue bercita-cita jadi pemain sepakbola. Tiap sore gue selalu bermain sepakbola di lapangan terdekat tempat gue tinggal.

Tapi…

Itu semua adalah masa lalu, dulu ketika masih banyak waktu untuk bermain-main. Sekarang? Whaa..hhaa, sudah harus kerja melulu demi sebongkah berlian.

Gimana dong? Hobi maen bola, tapi gak ada waktu buat maen? Tenang… solusinya adalah dengan bermain sepakbola di game console. PS4 saat ini menjadi pilihat utama gue. Ya…walaupun masih maen di rentalan. Hihiii

Masih ngomongin sepakbola, di artikel singkat ini gue ingin membagikan sedikit pengetahuan mengenai nama posisi pemain sepak bola dan perannya dalam sebuah pertandingan.

Pengetahuan ini tentu dapat pula diaplikasikan dalam permainan game console. Jadi, kalo paham posisi, kita bisa buat strategi atau formasi yang super manteppp!!! Dijamin pasti menang terus maen PS nya!! Seperti apa? Yuk kita simak pembahasannya berikut ini:

Nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Perannya dalam Pertandingan

Secara umum, posisi pemain sepak bola dapat kita bagi menjadi 4 posisi, yaitu; kiper, bek, gelandang, dan penyerang. Kita bahas satu persatu yuks…

1. Penjaga Gawang (Kiper)

Kiper atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Goal Keeper (GK) adalah seorang pemain di posisi paling belakang yang bertugas menjaga bola agar tidak masuk kedalam gawang.

Tugas seorang kiper sebenarnya bukanlah hal yang mudah, ia harus menjaga bola agar tidak masuk kedalam gawang dimana ukurang gawangnya tergolong tinggi dan lebar.

Jadi, posisi seorang kiper haruslah diisi oleh pemain yang mempunyai refleks dan insting yang tinggi. Oh ya, menurut gue pribadi, posisi kiper juga dapat dibagi menjadi 2, yaitu Offensive Goal Keeper dan Defensive Goal Keeper.

  • Offensive Goal Keeper: Kiper yang mempunyai kecenderungan maju kedepan bahkan tak jarang posisinya mirip dengan seorang bek. Salah satu yang terkenal adalah Manuel Neuer.
  • Defensive Goal Keeper: Kiper yang mempunyai kecenderungan bertahan seperti posisi kiper pada umumnya.

2. Pemain Bertahan (Bek)

Posisi kedua dalam permain sepak bola adalah pemain bertahan atau biasa dikenal juga dengan nama BEK.

Dalam bahasa Inggris BEK disebut dengan nama DEFENDER. Dalam sepakbola modern, seorang bek seharunya tidak hanya mampu mencegah serangan lawan tapi juga mampu membantu serangan dengan baik.

Pemain betahan juga dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, diataranya:

  • Bek Tengah (Center-Back) : dalam bahasa Inggris biasa disingkat CB adalah pemain bertahan yang posisinya berada di tengah pertahanan (di depan penjaga gawang). Dalam formasi dengan 4 bek (misal formasi 4-3-3), posisi Center-Back diisi oleh 2 orang yang biasanya mempunyai postur tubuh yang tinggi. Pemain sepakbola terkenal di posisi ini antara lain: Sergio Ramos, Varane, Pique, Thiago Silva, dan lainnya.
  • Bek Sayap (Wing Back) : adalah pemain bertahan yang posisinya berada di pertahanan bagian kiri ataupun kanan. Dalam formasi 4 bek (missal 4-4-2) posisi wing-back diisi oleh 2 orang pemain yang biasanya mempunyai kecepatan tinggi, sehingga dapat dengan cepat bertahan sekaligus membantu penyerangan. Berdasarkan posisi bek sayap dibagi jadi 2 yaitu LWB dan RWB. (LWB = Left Wing Back = Bek Kiri) (RWB = Right Wing Back = Bek Kanan). Pemain sepakbola terkenal di posisi ini antara lain: Marcelo, Alba, Alaba, Alves, dan lainnya.
  • Sweeper (Penyapu) : dalam bahasa Inggris disingkat SW adalah posisi pemain bertahan yang berada di garis paling akhir pertahanan, tepat berada di depan kiper. Posisi sweeper biasanya digunakan ketika menggunakan formasi dengan 5 bek (missal 5-3-2). Pemain sepakbola terkenal di posisi ini adalah Franz Backenbauer.

3. Pemain Tengah (Gelandang)

Posisi ketiga dalam permainan sepakbola ialah pemain tengah atau gelandang. Posisi ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Midfielder.

Mengingat ukurang lapangan sepak bola yang tergolong sangat luas, jadi seorang pemain tengah haruslah mempunyai kemampuan fisik diatas rata-rata.

Seorang pemain tengah mempunyai tugas dobel. Selain berkewajiban menyuplai dan mengalirkan bola kedepan agar pemain depan (penyerang) bisa mencetak goal dengan lebih mudah, seorang pemain tengah juga harus mampu membantu pertahanan dengan baik.

Secara umum, posisi pemain tengah dapat dikategorikan menjadi:

  • Gelandang Bertahan (Defending Midfielder) : dalam bahasa Inggris disingkat DMF adalah pemain tengah yang lebih ditugaskan untuk membantu pertahanan, sebelum bola mendekati daerah BEK. Pemain terkenal: Makelele, Essien, Casemiro, Sergio Bosquet.
  • Gelandang Tengah (Center Midfielder) : dalam bahasa Inggris disingkat CMF adalah pemain tengah yang ditugaskan untuk mengatur keseimbangan lini tengah tim. Pemain terkenal: Xavi, Iniesta, Modric, Kroos, Gerrard.
  • Gelandang Menyerang (Attacking Midfielder) : dalam bahasa Inggris disingkat AMF adalah pemain tengah yang lebih ditugaskan untuk membantu penyerangan. Pemain terkenal: Ozil, Zidane, Requelme.
  • Gelandang Sayap : dalam dalam bahasa Inggris disingkat LMF atau RMF adalah pemain tengah yang ditugaskan untuk membantu penyerangan dan pertahanan pada sisi kiri atau kanan. (LMF = Left Midfielder = Gelandang Sayap Kiri) (RMF = Right Midfielder = Gelandan Sayap Kanan) Pemain terkenal LMF: Giggs. Pemain terkenal RMF: Bale, Valencia.

4. Pemain Depan (Striker)

Posisi keempat dalam permainan sepakbola ialah pemain depan atau striker. Posisi ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Forward.

Posisi ini dapat dibagi menjadi:

  • Center Forward (CF) adalah penyerang tengah yang bertugas menjadi ekskutor pencetak gol. Tak jarang pemain ini juga pintar menarik pemain bertahan, sehingga menciptakan ruang bagi pemain tengah untuk mencetak gol. Pemain terkenal: Nistelrooy, Ronaldo. 😀
  • Second Striker (SS) adalah penyerang yang posisinya berada di belakang CF (Center Forward) bisa juga disebut sebagai striker bayangan yang di instruksikan bergerak lebih bebas. Tugas utamanya membantu CF untuk mencetak gol tapi tak jarang juga mencetak gol dari ruang yang diciptakan oleh seorang CF. Pemain terkenal: Neymar, Walcott, Messi juga bisa jadi SS. SS juga biasa disebut dengan istilah WF (Wing Forward).

Gambar Posisi Pemain Sepak Bola di Lapangan

Nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Perannya dalam Pertandingan

Tabel Posisi Pemain Sepak Bola dan Artinya

No.SingkatanInggrisPosisi
1GKGoal KeeperKiper/Penjaga Gawang
2CBCenter BackBek Tengah
3SWSweeperBek Tengah (Penyapu)
4LBLeft BackBek Kiri (beratahan)
5RBRight BackBek Kanan (beratahan)
6RWBRight Wing BackBek Kanan (serang)
7LWBLeft Wing BackBek Kiri (serang)
8CMFCenter MidfielderGelandang Tengah
9DMFDefensive MidfielderGelandang Bertahan
10AMFAttacking MidfielderGelandang Serang
11OMFOffensive MidfielderGelandang Serang
12LMFLeft MidfielderGelandang Tengah Kiri
13RMFRight MidfielderGelandang Tengah Kanan
14RWFRight Wing ForwardPenyerang Sayap Kanan
15LWFLeft Wing ForwardPenyerang Sayap Kiri
16SSSecond StrikerStriker Bayangan
17CFCenter ForwardStriker Tengah (Ujung Tombak)
18WFWing ForwardStriker (Cenderung bermain melebar)

Okedeh, itu aja dulu ya info seputar nama posisi pemain sepakbola beserta juga perannya dalam pertandingan yang bisa gue share hari ini. Oh ya, apabila lo semua ada koreksi, silahkan ketikan pada kolom komentar ya. Semoga bermanfaat buat lo dan terima kasih.

Add Comment