Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Microsoft Word

Pakadi.comCara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Microsoft Word – Hei.. hei… hei… Apa kabar lo semua? Sehat selalu dong? Masih semangat kan puasa nya hari ini? hiiihiii… Semoga masih dengan penuh semangat untuk menjalani puasa lalu meraih kemenangan di Idul Fitri. πŸ˜€

Tapi, puasa-puasa gini ada aja kejadian yang buat gue harus pinter-pinter ngendaliin emosi. hahaa Ketikan gue jadi berantakan…!!! Maaakk…. Gimana ga emosi, semua spasi nya ngilang, jadi gak karuan dong ketikan gue. Asli… buat naek darah… Upss… πŸ˜€

Tapi karena masih puasa, akhirnya gue coba untuk selesain masalahnya dengan kepala dingin. Dan akhirnya gue putusin untuk buat artikel ini. Jadi, lo yang mungkin mengalami masalah serupa gak perlu bingung lagi dan langsung menyelesaikan masalah nya dengan cara berikut ini. Udah siap? Yuks kita simak bersama-sama…

Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Microsoft Word

Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Microsoft Word

Kenapa Ketikan Gue Spasinya Jadi Berantakan?

Sebelum kita temukan solusinya, ada baiknya kita mengentahui terlebih dahulu sebenarnya apasih yang menyebabkan ketikan pada Microsoft Word menjadi berantakan?

Mungkin dari beberapa sumber yang gue baca, penyebabnya bisa dari berbagai macam, misal dari aplikasi office yang illegal, terkena virus, kesalahan pada saat melakukan instalasi office, perbedaan versi dari office yang dipakai, dan mungkin aja masalah-masalah lainnya.

Tapi, khusus pada artikel ini, masalah ketikan gue yang berantakan bermula pada saat gue melakukan pergantian Hardisk ke SSD.

Yups, awal gue punya komputer gue masih menggunakan Harddisk sebagai media penyimpanan sekaligus instalasi windows, termasuk Microsoft Office. Pada saat itu, gue memutuskan untuk menginstal Office 2010.

Seiring berjalannya waktu, dan nabung juga tentunya, akhrinya gue memutuskan untuk beralih dari harddisk ke SSD. πŸ˜€ #yangpentingSSD

Nah, disinilah awal masalah spasi pada Microsoft Word gue menjadi rusak berantakan dan tidak karuan. hahaa

Setelah pindah ke SSD, gue memutuskan untuk melakukan downgrade instalasi, mulai dari Windows 10 gue balikin ke Windows 7 di SSD, begitupun dengan Office 2010 yang sebelumnya gue ganti dengan 2007.

Disini, menurut gue yang menyebabkan spasi ketikan gue berantakan bukan pada windows nya, melainkan pada Office yang terinstal.

Pada saat menggunakan harddisk gue menginstal office 2010, dimana Microsof Word nya juga tentu versi 2010. Setelah menggunakan SSD, Microsoft Office gue turunin ke 2007.

Ketikan yang dulu di Microsoft Word 2010, akhirnya mengalami kerusakan ketika gue buka di Word 2007. Panik dong!

Karena lumayan banyak juga ketikan yang udah gue ketik di Word 2010. Gak kebayang aja kalo harus benerin spasinya secara manual satu persatu. Wowww! Bisa patah tangan gue. hahaa

Trus gimana dong? πŸ˜€

Solusi Spasi yang Rusak di Microsoft Word

Yups, berikut ini ada 3 solusi jitu yang gue tawarin ke lo semua untuk menyelesaikan masalah spasi yang hilang, rusak, atau berantakan pada Microsoft Word. Apa aja?

Pertama, simpan ulang file lalu ubah versi penyimpanan word nya. Dengan cara ini, sebenarnya kita tetap harus melakukan penyimpanan ulang di Office yang terbaru (office yang kita  gunakan pada saat pengetikan, dimana spasi nya tidak rusak).

Jadi kita melakukan penyimpanan ulang dnegan cara ‘save as’ atau dengan menekan tombol F12. Lalu pada file type, kita pilih menjadi word 97-2003 document.

Apabila telah kita ubah, maka kita dapat melihat format file nya menjadi berubah dari .docx menjadi format .doc di file extensionnya.

Lalu bagaimana jika kita jika Office yang kita gunakan sudah di uninstal dan yang terinstal adalah versi word yang lebih jadul? Oke coba kita gunakan cara dibawah ini:

Cara Kedua, sebenarnya cara ini adalah cara yang gue lakuin dan udah terbukti ampuh dan dapat menyelesaikan masalah kerusakan spasi pada Microsoft Word.

Dalam hal ini kasus yang gue alamin adalah sebagai berikut (perhatikan mungkin sama dengan kasus lo):

  • Gue ngetik di Microsoft Word 2010.
  • Gue save langsung tanpa merubah format (tetap diword 2010).
  • Gue buka file tersebut pada Word 2007.
  • Microsoft Word 2010 gue udah gak ada (uninstal).
  • Lalu, ketikan gue spasinya rusak.

Solusi yang gue pake:

  1. Tenang, gak panik, berdo’a lalu berusaha. πŸ˜€
  2. Buka komputer, connect ke internet (wajib untuk download, kecuali lo udah punya file yang dibutuhinnya).
  3. Setelah connect, buka google, baca-baca beberapa forum.
  4. Buka Microsoft, lalu donwload file Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3) di web Microsoft. 
  5. Gak ketemu! Yup, ga tau kenapa file yang gue cari malah ga ada di web resminya, sempet bingung lagi, tapi akhrinya ada solusi.
  6. File tersebut masih bisa gue dapetin di softonic. Terimakasih Softtonic sudah membantu, terimakasih juga Microsoft. πŸ˜€
  7. Silahkan ambil file nya disini: ‘Donwload Office SP3 di Softonic’.
  8. Lalu instal, seperti biasa ikuti langkah-langkahnya. Done!
  9. Masalah gue tentang spasi yang rusak di Word telah teratasi.

Note: Cara ini berdasarkan pengalaman gue pribadi. Cara ini mungkin bekerja pada Word lo juga, atau bisa juga gagal. Tergantung muka. πŸ˜€ #hahaaa

Oh ya, apabila file di softonic nya tidak bisa lo donwload, silahkan hubungin gue di kolom contact, gue akan dengan senang hati mengupload ulang file tersebut buat lo semua. Karna file tersebut udah gue donwload, jaga-jaga kali aja ada yang butuh suatu saat nanti, sementara link diatas ‘broken’.

Okedeh itu aja dulu yang bisa gue bagiin tentang bagaimana sih cara memperbaiki spasi yang berantakan di microsoft word berdasarkan pengalaman pribadi gue mengatasi masalah ini. Semoga bisa bermanfaat untuk lo semua yang mungkin lagi bingung ketikannya di Word berantakan. Apabila tulisan gue ini ada kekeliruan, gue dengan senang hati menerima kritik dan saran dari lo semua. Happy typing all!

Add Comment