Cara Mencari Grup Whatsapp dengan Mudah dan Cepat

Pakadi.com Cara Mencari Grup Whatsapp dengan Mudah dan CepatWhatsapp atau biasa dikenal dengan WA adalah salah satu aplikasi pesan yang dapat diinstal pada smartphone dengan berbagai sistem operasi (android, iphone, blackberry, dll) secara gratis.

Aplikasi yang pertama kali dibuat hanya untuk pengguna iPhone ini sebenarnya sangat mirip dengan aplikasi pesan milik blackberry, BBM. Bedanya, whatsapp menggunakan No. HP sebagai PIN nya.

Jadi, ketika kita menyimpan no. HP seseorang, maka kita dapat langsung terhubung dengannya melalui WA (dengan syarat harus sama-sama menginstal WA pada smartphone masing-masing).

Seiring perkembangan zaman, whatsapp sudah menjadi salah satu aplikasi pesan yang sangat populer. Bahkan menurut gue saat ini Whatsapp sudah menduduki peringkat pertama.

Apalagi setelah Facebook ikut masuk mengembangkan whatsapp. Berbagai fitur terbaru, menarik seperti fitur pengiriman gambar secara cepat, audio, video, video call, dan lain sebagainya sudah dapat dinikamati dan sangat membantu pengguna WA.

Adapun salah satu fitur yang tidak kalah menarik adalah pembuatan grup dalam aplikasi whatsapp. Dengan adanya grup tentu akan membuat para pengguna WA menjadi lebih mudah dan effisien lagi dalam berkomunikasi.

Hal ini jugalah yang membuat kita mungkin saja masuk kedalam beberapa grup. Sehingga tak jarang kita mempunyai lebih dari 1 grup pada aplikasi WA kita. Bahkan ada juga yang mencapai puluhan grup.

Karena banyaknya grup yang ada pada WA, beberapa pengguna merasa kesulitan dan kebingungan ketika  hendak mencari grup WA yang diinginkan.

Nah, pada artikel kali ini gue akan membagikan bagaimana sih cara mencari grup whatsapp dengan mudah dan cepat. Seperti apa caranya? Yuk langsung aja kita simak bersama-sama!

Cara Mencari Grup Whatsapp dengan Mudah dan Cepat

Cara Mencari Grup Whatsapp dengan Mudah dan Cepat

Selain digunakan pada smartphone, ternyata aplikasi Whatsapp juga dapat digunakan dengan menggunakan komputer ataupun laptop. Fitur ini lebih dikenal dengan Whatsapp Web.

Jadi, pada artikel kali ini, gue juga bakal kasih tau cara mencari grup WA pada whatapp web. Langsung aja kita simak bereng!

Cara Mencari Grup Whatsapp pada HP/Smartphone

1. Pertama yang harus lo inget aplikasi ini kudu make koneksi internetnya lho. Jadi yang abis kuota, sono beli dulu kuotanya. πŸ˜€

2. Bukalah Aplikasi Whatsapp yang telah terinstal pada smartphone lo semua.

3. Setelah itu, lanjutkan dengan menekan mode pencarian (SEARCH) di sebelah atas.

4. Selanjutnya, ketiklah nama grup yang ingin lo cari. Misal gue mau cari grup ‘MACAN SMPN6BDL’, jadi gue ketik MACAN. Nanti semua yang ada karakter huruf MACAN nya bakalan muncul di list.

5. Setelah muncul lo tinggal klik grup yang di cari tersebut. Cek gambar berikut ini:

 

6. Selesai. Lo bisa langsung nemuin grup yang dicari dengan cepat.

Cara Mencari Grup Whatsapp pada Komputer

1. Pertama yang harus lo inget aplikasi ini kudu make koneksi internetnya lho. Jadi yang abis kuota, sono beli dulu kuotanya. πŸ˜€ Oh ya, bisa juga kok klo mau make wifi atau tathering. Karena make komputer/laptop jadi keduanya harus sama-sama ada koneksi internet. HP terhubung internet dan Komputer/Laptop juga terhubung ke internet.

2. Setelah itu, bukalah browser yang tersedia pada komputer lo masing-masing. Bisa make chrome, mozila, uc, opera, safari, internet explorer, ataupun browser lainnya. Dalam contoh ini gue pake UC Browser aja, biar beda. πŸ˜€

3. Pada kolom address bar silahkan ketikkan alamat berikut ini: https://web.whatsapp.com/

4. Maka akan muncul tampilan Whatsapp Web. Tapi ,terlebih dahulu Whatsapp Web akan meminta untuk men-scan barcode. Lanjutkan dengan melakukan scan dengan menggunakan smartphone lo masing masing.

5. Buka Whatsapp pada smartphone atau hp lo, di pojok kanan atas lo bakal liat menu yang di tandain dengan TITIK TIGA. Teken aja, terus bakalan muncul menu, dan pilih lalu klik ‘WHATSAPP WEB’. Lihat gambar:

6. Berikutnya di pojok kanan atas ada tanda plus (+), tingal lo teken, maka kamera untuk scan barcode akan otomatis terbuka. Lo cukup arahin kameranya ke layar komputer atau HP yang lo pake. Tunggu sebentar, maka loading akan berjalan. Setelah itu, lo bisa langsung masuk ke Whatsapp web.

7. Setelah terbuka, kita lanjutkan gimana cara mencari grup nya.

8. Lihat pada pojok kiri atas, lo bisa liat kolom pencarian (SEARCH). Sama seperti pada hp, silahkan ketik grup yang ingin lo cari. Misal gue nyari grup MACAN SMPN6BDL. Jadi, gue ketik MACAN. Liat gambar berikut ini:

9. Setelah itu semua yang ada karakter huruf MACAN nya bakalan muncul di list.

10. Setelah muncul lo tinggal klik grup yang di cari tersebut.

11. Lo juga bisa langsung nemuin grup whatsapp yang dicari meskipun dengan menggunakan fitur whatsapp web.

Catatan: Lo harus tetep pastiin baik HP/Smarphone dan Laptop/Komputer lu sama-sama terhubung ke internet untuk tetap menggunakan fitur whatsapp web dengan baik.

Well, itu dulu yang bisa gue share hari ini mengenai cara mencari grup whatsapp dengan mudah dan cepat. Semoga dapat bermanfaat buat lo semua. Terimakasih. See you guys. πŸ˜€

4 Comments

  1. Ahost April 13, 2019
    • Adian Saputra April 22, 2019
  2. Fitri August 29, 2019
    • Adian Saputra September 10, 2019

Add Comment