Keindahan Bendungan Batu Tegi Bendungan Terbesar di Asia Tenggara

Pakadi.comKeindahan Bendungan Batu Tegi Terbesar di Asia Tenggara – What’s up? What’s down? What’s left? What’s right? Everything is gonna be alright! It’s been a long time! Lama banget nih ga update di blog ini. 😀 Hei… Halo semuanya! Apa kabar semua? Semoga sehat selalu ya.

Gimana? Udah jalan-jalan lagi belum? Belum? Hahaa, sama dong… 😀 Nah, gimana kalo kita rencanain jalan-jalan bareng ke salah satu destinasi wisata yang berada di Tanggamus? Yookk….

Oh ya, informasi tentang tempat wisata ini gue ambil dari beberapa sumber terpecaya, bahkan kawan gue ada yang punya villa disana. 😀 haha #peace Jadi gue harap bisa jadi tambahan informasi  akurat buat lo semua. Are you ready? Let’s get started!

Bendungan Batu Tegi Lampung

Keindahan-Bendungan-Batu-Tegi-Bendungan-Terbesar-di-Asia-Tenggara

Ngomongin Pantai di Lampung emang gak pernah ada habisnya. Ya lo tau sendiri ada berapa banyak pantai di Lampung, kan? Banyak banget… Udah pernah gue ceritain juga disini, buat lo yang belum baca boleh baca dulu disini ya:

Baca juga: Daftar Pantai Terbagus yang Ada di Lampung dan Alamatnya

Nah, buat lo yang mungkin udah merasa cukup bosen untuk pergi ke pantai, gak ada salah nya coba pergi ke daerah Tanggamus. Emang kemana? Yup, ke Bendungan Batu Tegi aja!

Emang dimana sih tempatnya? Jauh gak dari pusat kota Bandar Lampung? Emang ada apa aja disana? Trus…. Sss…ttt…. Sabar dong… 😀 Kita bahas satu persatu ya…

Sejarah Wisata Bendungan Batu Tegi

Dibalik keindahannya, Bendungan Batu Tegi ternyata menyimpan sedikit cerita menyeramkan juga menyedihkan.

Dalam proses pembangunan bendungan ini, ternyata memakan cukup banyak korban meninggal dunia. Bahkan dikabarkan setidaknya ada 13 orang pekerja yang meninggal pada saat menyelesaikan proyek bendungan ini.

Pekerja tersebut (maaf) dikabarkan sebagai tumbal. Ntah itu mitos atau fakta, namun yang pasti ke-13 pekerja tersebut meninggal akibat tertimpa alat berat pengecor semen. Hii… serremm juga ya. -_-‘

Gimana? Masih tetap ingin kesini? Tenang… Selagi kita pergi dengan niat baik dan tetap menjaga lingkungan, pasti akan baik-baik saja. Tapi tetap berhati-hati ya kalo ingin pergi kesini. 😀

Alamat Lengkap / Lokasi Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi adalah salah satu bendungan yang berada di Indonesia. Bendungan ini terletak di Pekon Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Indonesia.

Hebatnya lagi, Bendungan yang di resmikan oleh ibu Megawati pada tahun 2004 (presiden pada saat itu) adalah merupakan Bendungan terbesar di Asia Tenggara. Wow! Keren kan?

Transportasi Menuju Bendungan Batu Tegi

Berbicara mengenai transportasi menuju Bendungan Batu Tegi, tentu kita dapat menggunakan beberapa opsi. Bisa melalui transportasi umum ataupun pribadi.

Transportasi umum (Raja Basa – Bendungan Batu Tegi)

Dengan menggunakan transportasi umum, kita dapat menggunakan bus/bis yang menuju Kota Agung. Bus ini terbilang sangat mudah kita temui di terminal Raja Basa.

Setelah naik, tinggal berhenti di simpang Bendungan Batu Tegi. Jarak dari simpang ke lokasi bendungan hanya kurang lebih 20 KM saja. Namun, kita harus menggunakan transportasi lain yaitu ojek.

Cara ini menurut gue pribadi tergolong agak ribet dan beresiko, jadi kalo menurut gue lebih baik menggunakan cara lainnya sebagai berikut:

Transportasi Pribadi (Raja Basa – Bendungan Batu Tegi)

Nah, kalo menggunakan kendaraan pribadi, tentu perjalanan akan jauh lebih mudah dan fleksibel. Lo hanya perlu mengambil jalan Lintas Barat menuju Talang Padang, Kota Agung, Tanggamus.

Kalo dari terminal Raja Basa, mungkin membutuhkan waktu sekitar 60-90 menit saja untuk menuju simpang Batu Tegi (tergantung traffik).

Setelah itu belok kanan dipersimpangannya. Persimpangannya tertulis dengan jelas dan besar ‘BENDUNGAN BATU TEGI’ jadi dapat kita lihat dengan mudah.

Jarak Bendungan dari simpang tersebut hanya 20 KM saja. Petunjuk yang diberikan juga sudah sangat jelas terlihat di sepanjang jalan. Tinggal GASSSS….!!! 😀 Kurang lebih 30 menit saja lo pasti sudah sampai di lokasi. Upss… keep safety, terakhir kesini jalannya masih berlobang… 😀

Rute Menuju Bendungan Batu Tegi

Berikut ini adalah rute yang bisa lo ikutin dengan menggunakan MAPS, WAZE, atau aplikasi sejenisnya.

Rute Raja Basa – Batu Tegi (zoom aja)

Note: pastikan lo menggunakan paket internet yang jangkauannya luasss… si Merah mungkin yang terbaik. 😀 #bukanPromo

Harga Tiket Masuk (HTM) Bendungan Batu Tegi

Untuk harga tiket masuk ke Bendungan Batu Tegi, menurut gue pribadi cukup bahkan sangat terjangkau. Murah banget!!!

Update info terakhir (Desember 2018) harga tiket masuknya hanya Rp. 5000/orang. Kendaraan pribadi yang kita bawa sudah tidak bayar lagi. Jadi kalo lo pergi nya berdua (upss maaf yang jomblo), lo cukup bayar 10.000 aja. 😀 gimana murah banget dong?!

Di lokasi kita sudah dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, dan tentu aja spot foto yang sangat instagramable! 😀

Update: Kita sudah tidak bisa masuk terlalu dekat dengan bendungan dengan bebas. Jadi, untuk berfoto dekat dengan tulisan BENDUNGAN BATU TEGI agak  susah bahkan tidak bisa. Kecuali lo ada izin masuk nya, atau ada kenalan orang dalem. hahaa 😀

Terus gimana dong? Tenang… lo masih bisa nyari spot foto lainnya, misalnya dengan berkunjung ke Dermaga atau ke PLTA nya. Terlebih di Dermaga, spot fotonya sangat kece baddaayy….!!! Kesana aja! 😀

Kedalaman dan Luas Bendungan Batu Tegi

Kedalaman dari Bendungan Batu Tegi ini memang masih menjadi pertanyaan buat gue pribadi, karena gue belum mendapatkan informasi akurat mengenai hal tersebut. Jadi, daripada kasih info yang salah kan? 😀 Atau lo yang lagi baca ini ada info mengenai kedalamannya silahkan ketik di kolom komentar ya…

Namun yang pasti, bendungan ini mempunyai luas sekitar 3,5 hektar (3.560 hektar). Dengan luas tersebut bendungan ini mampu menahan sekitar 9 juta meter kubik debit air. Tak heran apabila PLTA yang ada di Bendungan ini bisa menghasilkan listrik hingga 125,2 GigaWatt per tahunnya. Gimana? Keren dong!

Fungsi Bendungan Batu Tegi

Mungkin beberapa diatara lo semua ada yang bertanya-tanya untuk apa sih sebenarnya bendungan sebesar itu dibuat? Apakah fungsi nya sangat vital?

Sebenarnya sama seperti bendungan lainnya, bendungan Batu Tegi juga dibuat untuk menampung air hujan. Tujuannya?

Dengan menampung air hujan, tentu saja air dapat digunakan untuk pengairan sawah, sumber air minum atua air bersih, membuat tambak untuk budidaya ikan, dan yang paling utama adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

Galeri Foto Bendungan Batu Tegi

Berikut ini beberapa foto kece yang gue ambil dari beberapa social media. Mungkin dengan melihat foto-foto berikut ini, lo jadi makin ingin pergi ke Bendungan Batu Tegi. Let’s check it out!

All images source: Instagram.com

Nah itulah aja yang bisa gue share mengenai Keindahan Bendungan Batu Tegi Bendungan Terbesar di Asia Tenggara. Semoga bisa bermanfaat untuk lo semua yang mungkin sedang mencari Informasi Bendungan Batu Tegi di Tanggamus. Terimakasih. Oh ya apabila tulisan gue ini ada kekeliruan, gue dengan senang hati menerima kritik dan saran dari lo semua. Happy Travelling all! 😀

Add Comment