Menikmati Keindahan Pantai Klara Pesawaran Lampung

Pakadi.com – Menikmati Keindahan Pantai Klara Pesawaran Lampung – Lampung yang memang berada di ujung pulau Sumatera membuat daerah ini mempunyai banyak sekali pantai-pantai Indah yang wajib untuk lo kunjungin. Salah satu pantai yang cukup banyak peminatnya adalah pantai Klara.

Tepat setelah acara perpisahan siswa-siswi di sekolah tempat gue mengajar, gue sebagai wali kelas saat itu kompak dengan anak-anak untuk pergi mengunjungi pantai nan indah ini.

Tentu aja gue pergi gak sendirian, yang pasti bareng keluarga kecil gue. Gimana cerita keseruan disana? Langsung aja yuk gue ceritain melalui beberapa foto cantik di Pantai Klara berikut ini…

Eits… tapi sebelum itu gue juga akan membagikan beberapa informasi penting terkait pantai Klara ini. Jadi buat lo semua yang mau pergi kesini bakalan makin pengen banget… Info apa aja nih?

Pada cerita gue kali ini, gue juga akan melengkapi dengan info sejarah Pantai Klara, lokasi Pantai Klara, alamat lengkap Pantai Klara, jarak Pantai Klara, harga tiket masuk Pantai Klara, foto-foto tentang pantai Klara, dan lain sebaginya. Langsung aja yuk Let’s check it out!

Menikmati Keindahan Pantai Klara Pesawaran Lampung

Menikmati-Keindahan-Pantai-Klara-Pesawaran-Lampung

Sejarah Pantai Klara Pesawaran Lampung

Mungkin beberapa dari lo semua ada yang bertanya kenapa namanya Pantai Klara? Emang apasih arti Klara?

Nama Pantai Klara sebenarnya adalah singkatan dari Pantai Kelapa Rapet. Mungkin pohon kelapa ini sengaja ditanam dengan jarak yang sangat berdekatan untuk mencegah abrasi. Atau memang tumbuh secara alami, mengingat pohon kelapa memang sangat mudah tumbuh di sekitar pantai. Hal ini jugalah yang menjadi pemandangan menarik di Pantai Klara.

Kalo lo semua mengunjungi pantai yang Indah ini, maka disepanjang bibir pantai lo bakalan nemuin banyak banget pohon kelapa yang berjajar sangat rapet. Gak heran dong namanya Pantai Kelapa Rapet atau lebih sering disingkat menjadi Pantai Klara.

Walaupun gue yakin banget kalo pohon kelapanya gak serapet pada zaman dahulu. Mengingat pantai ini sudah melakukan berbagai macam pembenahan, seperti pengadaan tempat parkir yang cukup luas.

Oh ya, Pantai ini memang di jaga langsung oleh TNI-AL jadi gak heran banget kalo pantai ini menurut gue adalah salah satu pantai yang paling terjaga dari seluruh pantai-pantai yang pernah gue kunjungin di Lampung.

Soal keamanan? Gak perlu khawatir… kalo lo udah masuk pantai ini, gak bakalan ada preman-preman yang berkeliaran. Tapi tetep ya… jaga barang bawaan agar tidak hilang. Ingat… kejahatan…bla bla… waspadalah waspadalah! πŸ˜€

*rapet= rapat, jarak berdekatan, dempet-dempet. πŸ˜€

Alamat Lokasi Pantai Klara Lampung

Oke setelah mengetahui sejarah singkat dari Pantai Klara, gue yakin lo bakalan makin penasaran kan ama pantai yang satu ini? Emang udah tau alamat lengkap dari Pantai Klara? Belom? Nih alamatnya gue kasih khusus buat lo semua:

  • Jalan Raya Way Ratay, Pesawaran, Padang Cermin, Lampung

Pantai ini berada tepat di pinggir jalan raya, jadi lo bisa langsung melihat pantainya pada saat sudah hampir sampai. Hmm….mmm di jamin Indah!  πŸ˜€ Yookk…yokk… berangkat!

Witss… satu lagi, pantai Klara sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2 (ya walaupun letaknya bersebelahan), yaitu; PANTAI KLARA I dan PANTAI KLARA II.

Trus yang rekomen yang mana? Bingung nih…

Saran dari gue, kalo lo baru pertama kali mengunjungi pantai Klara, gue saranani pilih yang Pantai Klara I. Tapi, kalo lo udah pernah kesana, tinggal cobain ke Pantai Klara II.

Atau sebaliknya, kalo lo udah pernah ke Pantai Klara II, gak ada salahnya lo nyoba yang Pantai Klara I. Tapi, penilaian gue pribadi (pribadi lho ya) gue lebih rekomen ke Pantai Klara I. πŸ˜€ #peace

Jarak Pantai Klara dari Pusat Kota Bandar Lampung

Waduh… jauh gak sih alamatnya? Gue sih belum tau dimana Jalan Raya Way Ratay, Pesawaran, Padang Cermin. Yang gue tau, Padang Cermin itu letaknya cukup jauh lho dari kota Bandar Lampung…

Hayo… ngaku yang dalem hatinya ngomong gitu… πŸ˜€

Tenang aja, jauh dekatnya suatu tempat itu tergantung gimana suasana hati kita pada saat kita hendak mengunjunginya.

Lagian kalo menurut gue pribadi letak pantai ini gak terlalu jauh kok dari pusat kota Bandar Lampung. Jaraknya hanya sekitar +- 30 KM dari pusat kota Bandar Lampung (Tugu Gajah).

Mungkin jika lo pergi dengan mengendari kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil, waktu tempuhnya paling lama hanya 1 jam saja. Itu paling lama lho ya… mungkin bisa lebih cepat lagi, apalagi kalau lo adalah seorang pembalap handal. Hahaa πŸ˜€ Tetep hati-hati di jalan ya. Soalnya rumah sakit di daerah sana jauh lho… πŸ˜€ #peace.

Peta Rute Menuju Pantai Klara dari Pusat Kota Bandar Lampung

Okedeh, daripada lo semua cuma bayangin jarak dan waktu tempuhnya mungkin ada baiknya lo sambil ngeliatin peta rute menuju pantai Klara berikut ini:

Rute Bunderan Gajah – Pantai Klara

Peta diatas gue ambil dari google map. Jadi, buat lo yang make smartphone, silahkan buka aplikasi map masing-masing, agar bisa langsung mendapatkan arahan dari google nya. Gunakan 2 jari untuk memperbesar, memperkecil, atau menggeser peta.

Oh ya sebagai tambahan informasi, untuk signal di sana memang belum tercover oleh semua oprerator selular. Jadi pastikan lo menyiapkan operator selular warna merah ya. πŸ˜€ tau dong? memang agak mahal…tapi kan tetep bisa update social media. πŸ˜€

Soalnya terakhir gue kesana, make operator hemat sedunia dengan paket 2GB Rp. 1500/hari, tau dong… Signal di HP gue gak ada sama sekali. -_- alhasil gue gak bisa update di social media.

Tapi kalo lo orang nya penyabar… lo bisa tetep tunggu sampe pulang menuju pusat kota… sampe signalnya muncul lagi. πŸ˜€

Harga Tiket Masuk Pantai Klara

Berikut ini adalah harga tiket masuk ke pantai Klara:

  • Harga tiket masuk 15 ribu rupiah/motor.
  • Harga tiket masuk 25 ribu rupiah/mobil.
  • Harga tiket masuk 10 ribu rupiah/orang (tambahan).

Misal:

Lo pegi berdua bareng pacar dengan motor, lo cukup bayar 15 ribu aja untuk masuk ke pantai Klara. Itu udah termasuk biaya parkir. Jadi di dalam pantai nanti, lo gak perlu bayar parkir lagi.

Lo pegi bareng keluarga dengan mobil (+- 6 orang), lo cukup bayar 25 ribu aja. Itu juga udah termasuk biaya parkir. Jadi di dalam pantai nanti, lo gak perlu bayar parkir lagi.

Gue pergi bareng anak-anak murid + keluarga gue, semua total sekitar 35 orang lah, gue nyater mobil pick up (mobil biasa narik kearah Klara), ongkos masuknya tetap 25 ribu lho… wow!!! πŸ˜€ Murah banget kan? Cocok buat liburan rame-rame…

Kalo lo pegi wisata bareng seluruh siswa di sekolahan, mungkin lo bisa dapet diskon! πŸ˜€ Silahkan hubungin aja pihak pantai Klara nya langsung ya. gue bukan calo penjualan tiket soalnya. πŸ˜€

Setelah lo membayar tiket masuk ke Pantai Klara, berikut ini adalah beberapa biaya tambahan yang mungkin bakalan lo keluarin saat berada di dalam pantai Klara:

  • Sewa ban : mulai Rp. 10 ribu tergantung ukuran dan cara lo nawar ban.
  • Sewa kamar mandi : Rp. 3 ribu/orang
  • Sewa kano/perahu kecil : Rp. 15 ribu/jam
  • Naik perahu besar keliling pantai : Rp. 10 ribu/orang
  • Sewa perahu menuju pulau Kelagian : nego.
  • Sewa gazebo/pondokan : 20-50 ribu/kunjungan *bisa nego liat sikon. πŸ™‚

Ada gak sih Angkutan Umum Menuju Pantai Klara?

Mungkin pertanyaan ini juga adalah yang pertanyaan yang dulu pernah gue tanyain ama kawan gue. Hmm… trus Jawabannya?

Jawabannya Ada! Tenang, Ada kok angkutan umumnya!

Untuk menuju pantai Klara, lo bisa menggunakan angkutan umum. Lo bisa naik angkot (mobil pickup yang di tutup) jurusan Gudang Garam Teluk Betung – Piabung. Untuk Angkot jenis ini pun sudah cukup banyak.

Apabila lo ingin menggunakan angkutan online pun bisa. Tapi cara ini gak gue saranin sama sekali. Karena selain harga yang cukup tinggi, menurut gue pribadi mendingan sekalian sewa mobil pribadi. πŸ˜€ Jadi kita udah bisa bebas mau pulang jam berapa pun.

Tapi, kalo lo mau paket hemat, ya bisa langsung pilih cara dengan angkutan umum.

Tips: Jangan terlihat seperti orang yang baru tinggal di Lampung. Berlagaklah seperti orang yang sudah lama di Lampung agar lo bisa lebih aman di jalan. Tidak di tipu ataupun tidak di ganggu. πŸ˜€ Atau bisa juga dengan mengajak teman lo yang memang asli orang tinggal di Lampung.

Fasilitas di Pantai Klara Lampung

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada di Pantai Klara ini:

  • Banana boat
  • Fasilitas MCK
  • Gazebo
  • Kano
  • Kantin buat lo yang laper… πŸ˜€
  • Lapangan Futsal
  • Mushola
  • Sewa Perahu
  • Tempat parkir yang luas
  • Toko Souvenir
  • Wahana Watersport
  • Waterboom
  • dan lain sebagainya…

Foto Pantai Klara Pesawaran Lampung

Nah, berikut ini adalah beberapa foto yang bisa gue bagikan buat lo semua. Maaf fotonya tidak terlalu banyak, mengingat muka gue yang gak cocok di foto. πŸ˜€ Nanti akan gue tambahin beberapa foto dari instagram. Let’s see:

Foto-di-Klara-bersama-Keluarga-Tercinta

Source: doc. pribadi

Dermaga-Pelangi-di-Pantai-Klara-Pesawaran-Lampung

Source: doc. pribadi

Foto-Jalan-Jalan-ke-Patai-Klara-Pesawaran

Source: doc. pribadi

Pantai-Klara-Bersama-Murid-9F-SMPN-6-Bandar-Lampung

Jangan cari gue yang mana. πŸ™‚ Source: doc. pribadi edited by Alvin

Dermaga Pelangi Pantai Klara via instagram @nurohmah_03

Dermaga Pelangi Pantai Klara via instagram @nurohmah_03

Demaga Pelangi Pantai Klara I via instagram @emuzdalifa

Demaga Pelangi Pantai Klara I via instagram @emuzdalifa

Pantai Klara II via instagram @naomiiroe

Pantai Klara II via instagram @naomiiroe

Pantai Klara I via instagram @walid_buhungo

Pantai Klara I via instagram @walid_buhungo

Well itulah aja dulu yang bisa gue share mengenai informasi tentang Keindahan Pantai Klara (Kelapa Rapet) di Pesawaran Lampung. Semoga bisa bermanfaat untuk lo semua yang mungkin sedang mencari informasi Pantai Klara nan cantik yang berada di Lampung. Terimakasih. Oh ya apabila tulisan gue ini ada kekeliruan, gue dengan senang hati menerima kritik dan saran dari lo semua. Happy Travelling All! πŸ˜€

Add Comment