Gimana Cara Bakar Sate Kambing yang Empuk dan Enak?

Pakadi.comGimana Cara Bakar Sate Kambing yang Empuk dan Enak? – Hei…. hei… hei.. gimana kabar lo semua? Sehat dong? Gimana puasanya? Lancar kan? Semoga puasa tahun ini gak buat kita lemes, tapi tetap menjadikan kita lebih bersemangat ya!

Gak kerasa ya (ketika gue nulis artikel ini) kita sudah memasuki puasa ramadhan hari ke-21. Wow! Bentar lagi lebaran dong? Asyiikk…. perbaikan gizi! hahaha Bisa lah, gue naekin berat badan! Ketemu opor, hajaarr…. Ketemu rendang? Embat… ketemu sate, sikaatt…! Ketemu mantan? Minggat…!!! hahaa…. 😀

Weittss… ngomong-omong soal mantan nih ya, ehh sate maksud gue, 😀 tiap taun biasanya gue selalu aja nyempetin untuk buat sate, ya walau dikit… yang penting ada sate. Karena gue emang suka banget ama daging-dagingan, jadi menu sate rasanya udah wajib ada disetiap lebaran, terlebih pada saat lebaran idul Adha.

Nah, karena gue udah sering banget buat menu sate, rasanya gak ada salahnya gue mau berbagi sedikit cerita dan tips nih gimana sih cara membakar sate agar hasilnya enak, lezat, dan yang pastinya empuk tidak alot. Langsung aja ya..! Let’s check it out!

Gimana Cara Bakar Sate Kambing yang Empuk dan Enak?

Gimana-Cara-Bakar-Sate-Kambing-yang-Empuk-dan-Enak

Image edited from: google image

Dalam artikel kali ini, gue sebenernya mau bahas bakar sate secara umum, namun karena gue rasa daging kambing adalah daging yang lebih sulit untuk dibuat sate, jadi gue akan lebih spesifik ke daging kambing aja ya.

Tapi, tips-tips berikut ini nantinya masih bisa juga kok digunakan untuk jenis daging lainnya, misal daging sapi, kerbau, atau bahkan rusa. 😀 hahahaa

Oke, udah siap dong untuk tau gimana sih tips dan trik agar bakar sate berbahan dasar daging kambing menjadi lembut, empuk, dan juicy?

Daging segar dan fresh

Sebelum membeli daging, sebaiknya pastikan daging kambing yang akan dibeli adalah daging yang masih segar dan fresh. Bahkan, kalo lo boleh pesen, pilih dagingnya yang usia kambingya masih muda. Pasti satenya jadi lebih enak dan lembut.

Ingat! Jangan sekali-kali lo gunain daging kambing yang sudah busuk atau tidak fresh lagi. Di jamin, satenya pasti gaenak! Apalagi kalo kambingnya udah berumur. hihihiihh 😀

Cara memotong daging kambing yang benar

Lo udah tau belum cara memotong daging yang benar untuk bahan dasar membuat sate? Hayoo… belum tau ya?

Nih, inget ya! Potonglah daging kambing berlawanan dengan arah uratnya, lalu potong dengan ukuran sedang. Jangan terlalu besar, jangan pula terlalu kecil. Yang sedang…sedang saja… hahaaa 😀

Daging di Cuci atau Tidak Perlu di Cuci?

Nah, kalo ini sesuai selera dan keinginan lo masing-masing ya. Gak ada yang maksa kok. hahaha 😀 Tapi nih ya, sekedar mengingatkan, daging kambing yang tidak dicuci terlebih dahulu sebelum dibakar, akan menghasilkan sate yang lebih lembut dan fresh. Gak percaya? Coba aja! 😀

Bahkan menurut Denny Gumilang (Peserta Masterchef Indonesia season 4) mencuci daging kambing justru membuat tekstur daging kambing tersebut menjadi semakin alot dan keras.

Kalo gue pribadi si bebas aja, selagi daging kambing nya di potong dengan benar (secara halal) mau di cuci atopun nggak, gue gak peduli! hahaha Tinggal bakar, trus kasih kecap! Gasssaak!!! wkwkw 😀

Pakai Bara api atau Oven?

Pertanyaan diatas tentu dapat dengan mudah di jawab. Ya pakai bara api dong! Namanya juga sate kan, masa iya buatnya make oven.

Tapi, memang ada juga, karena zaman sudah semakin modern, proses pembuatan sate sudah tidak perlu menggunakan bara api, melainkan menggunakan oven.

Soal rasa? Lidah gak akan pernah bohong! Bara api tetap juara! Coba aja kalo gak percaya! Buat sate dengan bara api dan oven, bandingkan sendiri!

Bahkan kalo gue pribadi, bara api nya make bara api dari bekas batok kelapa. Wwiissss… dijamin deh rasanya makin juoosss!!!

Resep Rahasia!

Oke, bagian yang ini adalah tips pamungkasnya! Resep Rahasia! hahaha sebenernya si ga rahasia-rahasia banget kok. Karena, hampir semua ibu-ibu tau tips ini. Coba deh tanya nyokap lu. 😀

  1. Daun Kates (pepaya). Bungkus daging kambing dengan daun pepaya selama 20 menitan. Jangan kelamaan ya, tar daging kambing nya jadi pait.
  2. Parut nanas, lalu masukkan daging kambing kedalam parutan nanas tersebut selama 30 menitan.
  3. Daun singkong. Remes-remes daging kambing dengan daun singkong hingga keluar getah, setelah merata, lalu diamkan selama 1 jam.
  4. Nah kalo ini udah modern! Pertama, siapkan bumbu balurkan ke daging kambingnya, lalu di fresto beberapa saat. Di jamin lebut dan empuk tuh daging kambing! hahaa 😀 Eittss… inget jangan kelamaan juga ya, tar daging kambing nya bisa kelewat lembut dan ancur.

Nah buat lo yang mungkin belum tau dan gak sempet tanya nyokap, mungkin beberapa tips diatas bisa lo cobain. dijamin daging kambing lembut anti alot! Silahkan pilih salah satunya ya.

Wait…wait…. gue tau! Pasti ada aja yang baca ini males kan mau buat-buat sate make acara bakar-bakar dulu… maunya langsung makan aja, iya kan? 😀

Tenang… buat lo yang tinggal di seputaran kota Bandar Lampung, gue udah siapin list warung penjual sate terenak se Bandar Lampung, lo tinggal pilih. Tinggal dateng langsung atau Ambil HP, telpon lalu pesan, mau lebih mudah lagi, order aja di Grabfood atau Gofood.

Berikut ini rekomendasi gue: “Daftar Sate Enak di Bandar Lampung dan Alamat Lengkapnya”

Okedeh itu aja dulu yang bisa gue bagiin tentang bagaimana Cara Bakar Sate Kambing yang Empuk dan Enak berdasarkan pengalaman gue bakar-bakar sate (tapi gue bukan tukang sate, sumpah! hahaha).

Semoga bisa bermanfaat untuk lo semua yang mungkin lagi bingung daging kambing nya mau diapain. 😀 Disate aja! Apabila tulisan gue ini ada kekeliruan, gue dengan senang hati menerima kritik dan saran dari lo semua. Happy eating all!

Add Comment