Tata Cara Pendaftaran Pascasarjana Unila Terlengkap

Pakadi.comTata Cara Pendaftaran Pascasarjana Unila Terlengkap – Hallo… gimana kabar lo semua? Semoga sehat dan berbahagia selalu ya, seperti gue yang tentu aja selalu berbahagia. πŸ˜€

Judul artikel kali ini memang buat gue inget kembali masa-masa dimana gue lagi super duper semangat untuk melanjutkan pendidikan ke S2! Tapi apalah daya… hahaa mungkin waktu belum memberikan kesempatan untuk itu.

Setelah cukup lama gue memendam perasaan kepada seorang wanita… lhoo lhooo… kok jadi gini. πŸ˜€ Bukan, bukan… maksud gue setelah cukup lama gue gak mengingat lagi keinginan untuk melanjutkan ke S2, siang kemarin gue akhirnya menjadi bersemangat kembali!

Salah seorang guru di tempat gue mengajar meminta bantuan untuk mendaftarkan anaknya untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di salah satu universitas negeri di tempat gue tinggal, yaitu Unila (Universitas Lampung).

Mengingat usia beliau yang sudah tidak lagi muda, rasanya wajar menurut gue mencoba meminta bantuan untuk mendaftarkan anaknya agar bisa terdaftar menjadi salah satu calon mahasiswa di Pascasarjana Unila.

Haallaah… daftar gini doang… πŸ˜€ Mudah! Apalagi daftarnya lewat online, gak perlu antri dan cukup mengupload beberapa persayaratan dan beres!

Weeiitts… Kalimat tersebut memang gue akuin terlalu menyombongkan diri. hahaha πŸ˜€ Kebiasaan gue si yang suka menyepelekan sesuatu, hiihihii #maafkan

Setelah menyiapkan segala sesuatu nya yang gue rasa perlu, akhirnya gue mencoba mengakses website Pascasarjana Unila. Hasilnya? Tidak semudah dan selancar yang gue bayangin!

Oleh karena itu juga, artikel mengenai panduan tentang tata cara pendaftaran Pacscasarjana Unila ini gue buat, agar lo yang lagi baca ini atau mungkin salah satu dari keluarga lo semua, ingin mendaftar ke program Magister ataupun Doctor menjadi lebih mudah dan sukses! Aaamiin! πŸ˜€

Oh ya, panduan ini mungkin saja dapat berguna tidak hanya untuk pendaftaran di Unila saja, tetapi juga bisa ada kemungkinan kesamaan proses pendaftaran pada universitas lainnya di Indonesia.

Yukkk langsung aja kita baca bareng beberapa pengalaman gue setelah kemarin membantu pendaftaran pascasarjana di Universitas Lampung. Let’s check it out!

Tata Cara Pendaftaran Pascasarjana Unila Terlengkap

Tata-Cara-Pendaftaran-Pascasarjana-Unila-Terlengkap

Persiapan Sebelum Mendaftar Online di Pascasarjana Unila

Berikut ini adalah beberapa persayaratan yang menurut gue wajib banget buat lo siapin ketika hendak mendaftar:

Pertama, yang wajib banget buat lo siapin adalah niat, usaha, dan mental. Yup, gak perlu gue jelasi satu persatu, yang pasti kesiapan mental tentu akan membuat kita tetap bersemangat untuk mendaftar apapun kendala yang akan terjadi pasti akan terlewati dengan santai.

Kedua, tentu aja biaya. Gue yakin kalo untuk yang satu ini pasti udah menjadi bahan pertimbangan utama ketika lo semua ingin melanjutkan pendidikan. Memang, banyak bertebaran beasiswa di dunia pendidikan, namun dari beberapa cerita temen gue, beasiswa tersebut biasanya diberikan setelah menjadi mahasiswa pascasarjana. Artinya, sebelum itu, atau dalam proses sebelum mendapatkan beasiswa tersebut tentu kita harus mempunyai backup atau dana cadangan yang digunakan untuk mengcover biaya tersebut.

Ketiga, adalah kemampuan atau skill. Dalam hal ini, gue gak bisa menilai kemampuan dari seseorang. Yang dapat menilai adalah diri lo masing-masing. Lo wajib dan kudu tau banget sampai dimana kemampuan yang lo miliki untuk melanjutan ke jenjang pascasarjana.

Trus kalo gue ngerasa kemampuan gue kurang/lemah, gue gak boleh kuliah, gitu?

Eiittss, gak gitu dong. Santuy! πŸ˜€ Bukan gitu juga maksud gue disini. Maksud gue, kalo lo udah ngerasa mempunyai kemampuan, tentu akan mempermudah dalam menjalani hari-hari sebagai mahasiswa S2 ataupun S3.

Sebaliknya, apabila lo ngerasa kemampuan lo kurang, ya TAMBAH! BELAJAR! jangan pernah menyerah! gak ada yang gak mungkin di dunia ini! Lo hanya butuh kerja ekstra untuk segera menyelesaikan pendidikan pascasarjana. Semangat! πŸ˜€

Hhmm… apalagi ya? Ada yang mau bantu nambahin? hahaa ketik di kolom komentar aja ya! Kita langsung aja yuk ke poin-poin penting nya berikut ini:

Syarat Pendaftaran Pascasarjana Unila

  1. Untuk pendaftar Program Magister (S2) minimal memiliki ijazah Sarjana (S1) sesuai dengan bidang terkait serta memiliki IPK Minimal 2,75.
  2. Untuk pendaftar Program Doktor (S3) minimal memiliki ijazah Magister (S2) sesuai dengan bidang terkait serta memiliki IPK Minimal 3,25.
  3. Lulus seleksi Administratif
  4. Lulus seleksi Akademik. Seleksi akademik ini terdiri dari 2 jenis yaitu: Tes Potensi Akademik (TPA) dan Wawancara.

*Catatan: Beberapa syarat diatas mungkin dapat berubah setiap tahunnya. πŸ˜€

Berapa Lama Kuliah Pascasarjana di Unila?

Mungkin dalem hati lo pernah bertanya mengenai berapa lama sih waktu yang dibutuhin buat nyelesaiin pendidikan pascasarjana? Lama ga sih? hahaaa

Lama atau nggak nya si ya tergantung lo yang kuliah dong. yang pasti semakin cepat tentu akan semakin baik!

Berikut ini adalah beban dan masa studi program pascasarjana di Universitas Lampung, silahkan disimak baik-baik:

Program Magister (S2)

Masa waktu studi dari program S2 adalah 4 tahun akademik dengan total beban studi 36 SKS.

Program Doktor (S3)

Masa waktu studi dari program S3 adalah 7 tahun akademik dengan total beban studi 42 SKS.

Biaya Pendaftaran Pascasarjana Unila (Universitas Lampung)

Biaya pendaftaran dari pascasarjana Unila, inget ya ini adalah biaya pendaftaran nya saja agar memiliki nomor peserta dan bisa mengikuti tes masuk, berikut ini adalah besarannya:

  • Program Doktor (S3) adalah sejumlah Rp. 500.000
  • Program Magister (S2) adalah sejumlah Rp. 450.000

*Catatan: Biaya diatas mungkin dapat berubah setiap tahunnya. πŸ˜€

Tata Cara Pendaftaran Online Pascasarjana Unila Terlengkap

Sebenarnya ada 2 cara mendaftar di pascasarjana unila, yaitu melalui Jalur Kerjasama dan Jalur Reguler.

Buat lo yang mendaftar melalui jalur kerjasama, langsung saja menghubungi Sekretariat Program Pascasarjana.

Nah, buat lo yang daftar melalui jalur reguler berikut ini adalah tahap-tahap pendaftarannya:

  1. Lo dateng ke Bank BRI terdekat di tempat lo tinggal. Bilang aja mau melakukan pembayaran untuk daftar pascasarjana. Pegawai BRI sudah mengerti dan lo pasti langsung dilayani dengan baik. (Biaya pendaftaran sudah disebutkan diatas).
  2. Setelah melakukan pembayaran, pastikan lo mendapatkan hasil print atau cetak dari pembayaran tersebut. Kalo ga dapet, minta! Karena pada hasil print tersebut terdapat PIN dan KAP (Kode Akses Pendaftar) yang digunakan untuk melakukan pendaftaran online. Berikut ini adalah penampakannya:
Bukti-Penbayaran-Pasca-Sarjana-S2-dan-S3-Unila-PIN-dan-KAP

Contoh Bukti Pembayaran Pascasarjana Unila

  1. Setelah mendapatkan PIN dan KAP, lanjutkan dengan membuka halaman website pascasarjana unila di http://pasca.unila.ac.id/.
  2. Pilih dan Klik PENDAFTARAN ONLINE.
  3. Pilih dan Klik Program yang lo mau, S2 atau S3.
  4. Pada halaman berikutnya masukkan Strata Pendataran S2 atau S3.
  5. Masukkan KAP (Kode Akses Pendaftar) yang terdiri dari 10 digit angka.
  6. Masukkan PIN yang terdiri dari 8 digit angka.
  7. Masukkan Kode Verifikasi (jangan sampai salah, huruf besar dan kecilnya).
  8. Pilih dan klik Proses Selanjutnya.
  9. Pada tahap berikutnya lo bakal diminta untuk mengupload pas foto yang ukurannya tidak lebih dari 100 Kb.
  10. Setelah melalui proses ini, silahkan isi biodata dengan lengkap dan benar sampai dengan tahap akhir lo berhasil mendownload Kartu Peserta.
  11. Cetak lah kartu peserta tersebut yang terdiri dari 4 lembar yaitu (Kartu peserta, Surat Pernyataan Jaminan Biaya, Referensi/Rekomendasi Akademik 1, dan Referensi/Rekomendasi Akademik 2).
  12. Selamat lo sukses melakukan pendaftaran Online! Silahkan belajar, berusaha, dan berdoa semoga tahun ini bisa menjadi Mahasiswa Pascasarjana! aamiin!! πŸ˜€

Rincian Biaya Pendidikan Pascasarjana Unila (Universitas Lampung)

Berikut ini adalah rincian biaya yang gue sadur dari website resmi unila. Semoga bermanfaat.

Rincian Biaya Pendidikan Pascasarjana Unila (Universitas Lampung)

Image Source: Pasca Unila

Pengumuman Pascasarjana Unila

Untuk mengecek pengumuman, lo cukup memantau website resmi pascasarjana Unila, disana sudah lengkap dan update selalu. Pastikan lo jangan pernah ketinggalan informasi. πŸ˜€

Nah itu aja dulu yang bisa gue bagikan tentang Tata Cara Pendaftaran Pascasarjana Unila Terlengkap semoga bisa bermanfaat untuk lo semua yang mungkin sedang mencari info tentang Pascasarjana Universitas Lampung. Terimakasih. Oh ya apabila tulisan gue ini ada kekeliruan, gue dengan senang hati menerima kritik dan saran dari lo semua. Pokoknya terus belajar! Tuntutlah ilmu hingga akhir hayat! Happy studying all!

Add Comment