Apa Keracunan Ikan Tongkol Bisa Menyebabkan Kematian?

Pakadi.com – Halo sahabat Pak Adi semua! Pagi ini, tepat pada tanggal 6 November 2018 gue baru aja merasakan sebuah kejadian yang sangat tidak mengenakkan. -_- Keracunan! Iya, lebih tepatnya keracunan ikan tongkol. What? Emang bisa ya kita keracunan Ikan Tongkol?

Awalnya juga gue gak percaya kalo Ikan Tongkol bisa menyebabkan seseorang mengalami keracunan. Sampe pada hari ini gue sendiri yang mengalaminya sendiri…

Apa Keracunan Ikan Tongkol Bisa Menyebabkan Kematian?

Apa-Keracunan-Ikan-Tongkol-Bisa-Menyebabkan-Kematian

Ikan adalah salah satu jenis lauk makan yang sangat gue senangi. Selain di goreng, di bakar, di pindang, menu ikan sambel adalah favorit gue banget.

Sarapan pagi ini membuat gue cukup bersemangat setelah melihat menu ikan tongkol sambel di lemari makan. Biasanya gue adalah orang yang sangat jarang sarapan, tapi pagi ini ntah kenapa gue memutuskan untuk mengambil sepiring nasi beserta sepotong ikan tongkol sambel.

Nyam… nyam… nyam… selesai perut pun terisi. Setelah kenyang, gue langsung aja bersiap untuk berangkat kerja.

Dalam perjalanan memang gue udah ngerasain ada yang ga beres. Badan udah menggigil, terasa panas kadang mendadak dingin. Tapi gue memutuskan untuk tetap berangkat kerja. Begitu sampai di depan gerbang?!

Muka gue bengep, badan panas dingin, berkeringat, nafas memburu seperti habis berolahraga, sampai salah seorang penjaga tempat gue bekerja menegur. ‘Nah, Di… ngapo muko kau bengep mak itu?’, kalo dalam bahasa Indonesia, ‘Nah, Di… kenapa muka kamu bengep begitu?”.

Sadar ada yang tidak beres… gue langsung memutuskan memutar kendaraan gue untuk segera berobat, lalu pulang untuk beristirahat.

Setelah berobat, gue langsung memacu kendaraan gue cukup cepat! Sampai pada akhirnya… “BRAKK!!!” ban depan motor gue menabrak motor seorang bapak-bapak tua yang gue rasa gak punya SIM. Cara beliau berkendara sungguh… ahhh…sudahlah! -_-

Badan sakit, kepala pusing, langsung saja gue naek darah! Woyh! Tereak gue kuat-kuat! Mungkin karena ngeliat gue yang udah marah, mata gue merah, muka gue merah, memanas, Gue pikir tu bapak-bapak bakalan marah balik, ternyata dia malah minta maaf. πŸ˜€ Hahhaaa Padahal gue saat itu fix sedang keracunan ikan tongkol!!! Haha Kali aja bapak nya lagi baca, maaf ya pak! πŸ˜€ #peace

Jadi, kalo ada orang tanya, “Apa Keracunan Ikan Tongkol Bisa Menyebabkan Kematian?”  Jawabannya, BISA! BISA banget! Gue aja hampir tadi pagi… -_-

Nah, masih dalam keadaan setengah keracunan diatas tempat tidur, gue coba mulai searching-seraching di googel, bertanya kepada dokter terdekat yang gue kenal πŸ˜€ , berikut ini beberapa informasi yang mungkin penting ketika lo atau orang terdekat lu ada yang mengalami keracunan ikan. Let’s check it out!

Ciri Keracunan Ikan Tongkol

Dari beberapa artikel yang gue baca, info dari dokter gue, serta apa yang gue alami sendiri, berikut ini adalah beberapa ciri atau gejala dari orang yang mengalami  keracunan ikan tongkol.

  1. Kepala pusing sangat berdenyut
  2. Perut terasa mual
  3. Tubuh terasa panas dingin
  4. Tubuh menjadi lemas
  5. Kadang perut menjadi keram
  6. Bahkan ada yang sampai megalami diare
  7. Meggigil hebat
  8. Muntah-muntah
  9. Detak jantung sangat cepat seperti habis berlari
  10. dan yang pasti biasanya badan juga akan gatal-gatal

Nah, kalo lo semua abis makan ikan tongkol atau ikan jenis lainnya lalu merasakan hal yang udah gue sebutin diatas tadi, kemungkinan besar lo sedang mengalami keracunan ikan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Keracunan Ikan Tongkol

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang gue dapet dari dokter, google, dan pengalaman gue pribadi untuk mengatasi keracunan ikan tongkol. Apa aja? Let’s check it out!

  1. Berobat ke dokter atau membeli obat di apotik untuk mengobati keracunan. Salah satu obat yang paling umum digunakan adalah CTM. Tapi, gue pribadi karena CTM nya abis, gue mengkonsumsi obat ‘CETIRIZINE HCL 10 mg’ yang menurut gue cukup ampuh. Oh ya, setelah meminum obat ini kita akan merasakan kantuk. Jadi, gue saranin untuk tetap istirahat dirumah (tidur), jangan berkendara.
  2. Mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya untuk mengencerkan racun yang ada di lambung kita.
  3. Lebih baik lagi kita mengkonsumsi Kelamud. Apa itu Kelamud? Kelapa Muda. πŸ˜€ Yups, air kelapa muda memang sudah menjadi andalan sebagian besar orang Indonesia untuk menetralisir racun yang ada dalam tubuh.
  4. Memuntahkannya! Cara ke-4 ini memang tergolong sulit juga. Gue pribadi udah mencoba untuk memuntahkan apa yang gue makan, tapi sulit. πŸ˜€ Pernah nyoba untuk muntah secara sadar? πŸ˜€ Kebayang dong sulitnya.
  5. Setelah minum obat, istirahat, maka kita juga dapat mengkonsumsi susu. Dokter yang kasih gue saran juga mengatakan mengkonsumsi susu dapat mengatasi keracunan, karena susu dapat dimanfaatkan untuk menetralisir racun dalam tubuh.
  6. Ada tips lainnya? Silahkan ketik di kolom komentar ya! πŸ˜€

Note: Perhatikan juga kondisi si penderita keracunan, apabila terlihat tubuhnya sudah sangat lemas, ada baiknya untuk langsung segera membawanya ke dokter atau kerumah sakit terdekat.

Nah itulah aja yang bisa gue share mengenai Seputar Ciri, Gejala dan Cara mengatasi Keracunan Ikan Tongkol. Semoga bisa bermanfaat untuk lo semua yang mungkin sedang mencari info diatas. Terimakasih. Oh ya apabila tulisan gue ini ada kekeliruan, gue dengan senang hati menerima kritik dan saran dari lo semua. Happy reading all! πŸ˜€

Add Comment