Siapa Bapak Pramuka Indonesia Sekarang?

Pakadi.com – Pertanyaan tentang siapa bapak pramuka indonesia sekarang mungkin adalah salah satu pertanyaan yang mungkin sering lo denger di lingkungan sekitar tempat lo tinggal. Terlebih lagi kalo lo tinggal di sekitaran komplek sekolah yang pasti ada anak SD, SMP, atau SMA dengan kegiatan Pramukanya.

Jadi inget masa kecil gue dulu yang tinggal di daerah pegunungan, Lampung Barat. Dulu gue aktif ikut pramuka cuma karna mau ikutan ‘Cari Jejak’. πŸ˜€ Padahal gue gak ngerti pramuka sama sekali. Yang gue tau cuma ikut pramuka, trus nyari bambu di kebon orang buat siap-siap ikutan haking. Gak lupa bawa buku saku dan bontot. Hihihii

*bontot = bekal/ persediaan makanan

Kalo sampe ada yang tanya kapan sih hari pramuka? Siapa bapak pramuka Indonesia? Siapa bapak pramuka dunia? Gue cuma bisa diem doang. Hahaa

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi itu juga, artikel ini gue tulis. Jadi lo semua jangan sampe ngelakuin kesalahan yang pernah gue lakuin. Ikut pramuka ya kudu tau dong dan wajib banget untuk bisa jawab pertanyaan tadi.

Okedeh, langsung yuk kita jawab pertanyaan-pertanyaan diatas tadi:

Siapa Bapak Pramuka Indonesia Sekarang?

Siapa Bapak Pramuka Indonesia Sekarang

Setiap Tanggal Berapa Hari Pramuka di peringati?

14 Agustus

Siapa nama Bapak Pramuka dunia?

Nama                    : Robert Stephenson Smyth Baden Powel

Panggilan             : Baden Powel

Tanggal Lahir      : 22 Februari 1857

Istri                        : Ovale St. Clair Soames menikah pada tahun 1912 punya 3 anak

Wafat                    : 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika

Siapa nama Bapak Pramuka Indonesia?

Nama                    : Sri Sultan Hamengkubuwono IX

Nama lahir          : Bendoro Raden Mas Dorodjatun

Tanggal Lahir      : 12 April 1912

Tempat Lahir      : Sompilan Ngasem, Yogyakarta

Nama Ayah         : Sri Sultan Hamengkubuwono VIII

Nama Ibu            : Raden Ajeng Kustilah

Wafat                    : Washington DC, 2 Oktober 1988

Siapa nama Bapak Pandu Indonesia?

Nama                    : KH. Agus Salim

Tempat lahir       : Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat

Tanggal Lahir      : 8 Oktober 1884

Nama Ayah         : Soetan Salim (Gelar: Soetan Mohamad Salim)

Nama Ibu            : Siti Zainab

Wafat                    : Jakarta, 4 November 1954

Bapak Pandu Indonesia vs Bapak Pramuka Indonesia?

Mungkin beberapa dari lo semua ada yang bertanya sebenarnya apasih beda antara Bapak Pandu Indonesia dan Bapak Pramuka Indonesia? Kok ada 2 macam?

Pada dasarnya perbedaan pendapat tersebut bukanlah menjadi sebuah masalah. Memang beberapa anggota pramuka ada yang berpendapat bahwa keduanya adalah sama, beberapa yang lainnya menganggap berbeda.

Disini gue gak mau meperdebatkannya. πŸ˜€ Tapi, gue cuma ingin memberikan sedikit informasi mengenai bapak pramuka dan bapak pandu Indonesia. Seperti apa?

Berdasarkan keputusan resmi Musyawarah Nasional (MUNAS) Gerakan Pramuka yang diadakan di Dili Timor Timur (sekarang Timor Leste) pada tahun 1988, Bapak Pramuka Indonesia adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Hal tersebut dituangkan di keputusan no 10/Munas/1988/Tentang Bapak Pramuka.

Sekedar informasi buat lo, Munas Gerakan Pramuka adalah forum tertinggi dalam Pramuka. Jadi, keputusan yang dihasilkan tentu mempunyai dasar hukum yang sangat kuat.

Lalu kenapa ada Bapak Pandu Indonesia? Menurut lo gimana? πŸ˜€

Semua berawal dari jasa KH. Agus Salim yang merubah istilah ‘Padvinder’ dan ‘Padvinderij’ menjadi ‘Pandu’ dan ‘Kepanduan’. Hal inilah yang membuat KH. Agus Salim dianggap sebagai Bapak Pandu Indonesia.

Pendapat Gue Pribadi

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada KH. Agus Salim, menurut gue pribadi Pramuka dan Pandu itu ya satu, jadi harusnya ‘bapak’ nya juga satu. Seperti halnya BAPAK PRAMUKA DUNIA yaitu Baden Powell, bisa juga kita panggil sebagai BAPAK PANDU DUNIA.

Kan udah ada keputusan resmi nya dari forum tertinggi Gerakan Pramuka. πŸ˜€ Jangan dipisah-pisah. Jadi kalo ada yang tanya siapa nama bapak Pramuka Indonesia? Jawaban gue ya Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Jadi kalo ada yang tanya siapa nama bapak Pandu Indonesia? Jawaban gue ya tetep sama yaitu; Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Oh ya, pendapat diatas hanyalah pendapat gue pribadi. Jadi, gak perlu di jadiin perdebatan ya. πŸ˜€

Nah, gimana? Udah tau dong siapa bapak pramuka Indonesia sekarang? Jangan sampe bingung dan lupa ya. Well, itu aja dulu ya yang bisa gue bagikan hari ini, apabila tulisan gue terdapat kesalahan, gue dengan senang hati menerima kritik dan sarannya. Semoga bermanfaat ya dan terima kasih. πŸ˜€

Add Comment